14 Februari 2013

Cara Mengatasi "consider replacing your battery" pada Baterai Laptop

Kemarin malam saya dikagetkan dengan munculnya notifikasi pada baterai laptop Toshiba C600 milik saya. Pada icon baterai laptop tersebut terdapat sebuah gambar atau icon silang berwarna merah dan tulisan atau notifikasi bertuliskan "consider replacing your battery".

Tentu saja saya kaget, dan dari hasil Googling dan menengok forum resmi Toshiba tentang pembahasan ini saya mendapatkan solusi untuk mengatasi atau menghilangkan icon notifikasi  "consider replacing your battery" pada laptop milik saya, dalam hal ini laptop yang saya gunakan adalah Toshiba C600 dengan sistem operasi Windows 7.


Notifikasi "consider replacing your battery" secara umum artinya adalah bahwa system (khususnya Windows 7) menganggap bahwa baterai yang kamu gunakan sudah saatnya diganti, namun sebagian pengguna ada juga yang menganggap hal ini sebagai bug.


Untuk mengatasi notifikasi tersebut agar tidak muncul, kamu dapa melakukan tips-tips yang sudah saya coba sendiri menggunakan Toshiba C600 milik saya. Sebagai catatan icon dan notifikasi ini memang dapat abaikan atau dapat dihilangkan, namun tidak bertujuan memperbaiki kondisi baterai dari laptop.

Berikut adalah langkah-langkahnya :
  • Charge laptop kamu hingga baterai penuh 100% kemudian matikan laptop (shutdown) bukan restart.
  • Nyalakan kembali laptop namun langsung tekan F8 berulang kali untuk masuk ke menu "Advanced Boot Options", kemudian pilih "Safe Mode".
  • Langsung cabut charger baterai laptop setelah sudah benar-benar masuk kedalam Safe Mode.
  • Kemudia biarkan saja laptop menyala terus dalam keadaan Safe Mode hingga mati karena baterainya habis. Dalam proses menunggu ini sangat amat disarankan jangan mengoperasikan sedikitpun laptop tersebut. Seperti yang saya lakukan sama sekali tidak menyentuh apa-apa dan biarkan hingga laptop mati karena kehabisan baterai.
  • Langkah terakhir adalah ketika laptop mati karena kehabisan baterai, tunggu kira-kira 1 menit, kemudian colok kembali charger laptop dan nyalakan kembali laptop secara normal, dan Whoops! sudah bisa kamu lihat notifikasi "consider replacing your battery" sudah hilang.

Dengan melakukan teknik masuk ke Safe Mode tadi adalah sebuah cara untuk mengkalibrasi kembali kapasitas dari baterai sebuah laptop yaitu dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (100%) hingga pada posisi baterai benar-benar habis (0%), dengan begitu maka System (Windows) bisa mengetahui kapasitas sebenarnya dari baterai laptop dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Sekali lagi saya tekankan disini bahwa teknik ini hanya berguna untuk menghilangkan notifikasi "consider replacing your battery" dengan icon silang berwarna merah pada icon baterai laptop, bukan bertujuan mengembalikan atau memperbaiki performa baterai laptop. Jadi apabila trik yang kamu lakukan tersebut gagal, bisa jadi baterai laptop milikmu memang sudah saatnya diganti dan system mendeteksi bahwa baterai tersebut memang sudah tidak layak pakai.

Selain itu berdasarkan pengalaman, cara ini juga dapat diterapkan pada laptop lain seperti Acer, Axioo dan Asus yang menggunakan sistem operasi Windows 7.  Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar sesuai topik bahasan dengan menggunakan bahasa yang sopan dan beradab.

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.